Terminologi

TARPs ( Target Audience Rating Points)

Adalah jumlah kumulatif penonton yang diraih dalam suatu kampanye iklan dalam periode tertentu. Satuannya adalah %. TARPs adalah penjumlahan kumulatif dari semua TVR yang diperoleh oleh suatu iklan dalam suatu kampanye, karena itu ada duplikasi penonton artinya penonton yang sama tetap dimasukkan dalam hitungan TARPs

Contoh: perolehan TVR iklan brand ”A”

Program TVR

Cahaya 10

Was Was 2

Cahaya 8

Insert 2

Maka total TARPs :

TARPs 22

TVR adalah persentasi jumlah penonton yang menonton suatu acara/iklan dalam suatu waktu tertentu. TVR nilainya berubah-ubah sesuai dengan jumlah penonton pada waktu tersebut.

Program TVR

Cahaya 10 artinya 10 % dari Target Audience menonton iklan brand “A” di program Cahaya

Was Was 2 artinya 2 % dari Target Audience menonton iklan brand “A” di program Wasa Was

Reach

Adalah jumlah penonton yang diraih dalam suatu kampanye iklan dalam periode tertentu namun tidak ada duplikasi penonton seperti dalam perhitungan TARPs. Pada perhitungan reach setiap penonton yang pernah menonton iklan hanya dimasukkan dalam perhitungan sekali saja jadi tidak ada duplikasi.

Angka maksimum untuk reach adalah 100%

Reach biasa disebut Net Reach, sedangkan TARPs adalah perhitungan gross karena ada duplikasi tadi, istilah lain yang sering digunakan untuk TARPs adalah GRPs (Gross Rating Points)

Brand A mendapatkan Reach 90 % artinya 90 persen dari target audience (orang berbeda = tanpa duplikasi) menonton iklan brand “A”

Reach 1 + adalah persentasi jumlah target audience yang menonton iklan minimal sekali

Reach 2 + adalah persentasi jumlah target audience yang menonton iklan minimal dua kali

Dst..

Reach absolute 1 adalah presentasi jumlah target audience yang menonton iklan tepat hanya sekali

Reach absolute 2 adalah presentasi jumlah target audience yang menonton iklan tepat hanya 2 kali.

Average Frequency atau OTS (opportunity to see) adalah rata-rata iklan terlihat oleh setiap penonton (target audience)

Hubungan antara TARPs, Reach & Ave Freq. adalah:

TARPs / Reach = Ave Freq.

Effective Frequency (EFE) adalah jumlah frequency yang diperlukan sebuah iklan untuk terlihat oleh target audience sehigga iklan tersebut menjadi effective.

Misalnya EFE = 3x artinya iklan tersebut perlu dilihat 3x barulah akan menjadi effective.

Pertanyaannya dilihat 3x dalam periode berapa lama ? effective dalam batasan level apa?

Periode umumnya perminggu tergantung pada lifecycle produk atau kompetisi, misalnya produk permen kemungkinan base periodenya adalah harian.

Level effective yang diharapkan adalah seperti umumnya tugas advertising sampai pada level awareness.

Salah satu teori level effective atau audience respon adalah sebagai berikut :

Awareness

Interest

Desire

Action

Tugas advertising adalah membawa target audience pada level awal yaitu awareness, namun saat ini tuntutan klien sudah sampai pada level action, sehingga timbullah service Activation untuk memenuhi tuntutan ini. Untuk sampai pada level lebih dari awareness perlu kombinasi faktor IMC (integrated marketing communication) yang lainnya.

Effective Reach adalah Reach dalam level EFE sehingga tujuan awareness dapat tercapai.

CPRP (cost per rating point)

Adalah harga yang dikeluarkan untuk mendapatkan 1 % 91 point TVR) target audience.

Jika harga yang dipakai adalah harga gross maka CPRP menjadi CPRP Gross, jika harga net maka CPRP menjadi CPRP Net.

Jika harga yang dipakai adalah harga 30” maka CPRP menjadi CPRP 30” (gross atau net), jika harga 15” maka CPRP menjadi CPRP 15” (gross atau net) dst.

Tetapi umumnya yang menjadi benchmark atau patokan adalah harga CPRP 30” Net.

CPRP juga berlaku untuk CPRP per program atau CPRP total media plan

Rumus CPRP program = Rate / TVR ( gross atau net)

Rumus CPRP media plan = total Budget / TARPs (gross atau net)

CPC (cost per contact)

Adalah harga yang diperlukan untuk mendapatkan 1 orang target audience

CPC = Rate / (jumlah penonton/pembaca/pendengar)

CPC = Rate / (TVR x universe)

CPM (cost per mill = cost per thousand)

Adalah harga yang diperlukan untuk mendapatkan 1000 orang target audience

CPM = Rate / (jumlah penonton/pembaca/pendengar) x 1000

CPM = Rate / (TVR x universe) x 1000

Adstock

Adalah ingatan yang tersisa ketika suatu campaign advertising telah berakhir. Survey yang pernah dilakukan untuk fast moving consumer good adalah ketika kampanye telah berakhir maka ingatan terhadap iklan tetap bertahan sampai dengan 2.5 minggu (source :wikipedia). Informasi ini dapat membantu untuk membuat scheduling dari suatu kampanye iklan misalnya apakah kita aman untuk berhenti atau off selama dua minggu, dll.

Saturation and Deminishing Return

Adalah titik jenuh sebuah iklan, dimana ketika penambahan frequency atau weight iklan tidak memberikan tambahan yang signifikan untuk kenaikan jumlah audience.

Duplikasi media

Adalah kondisi dimana target audience mengkonsumsi lebih dari satu media. Misalnya ada target audience yang membaca Kompas & Femina, ada yang membaca Kompas & Bisnis Indonesia, ada yang membaca Kompas, Bisnis Indonesia & Femina.

Total pembaca Kompas 600 orang, total pembaca Femina 150 orang dan duplikasi 100 orang yang membaca kedua-duanya.

Yang hanya membaca Kompas 500 orang dan yang hanya membaca Femina 50 orang.