Internet…..

Internet telah mengubah perilaku manusia terhadap informasi, terutama bagi mereka di negara maju dan di kota-kota besar di negara berkembang.

Mau cari informasi apa saja dapat ditemukan di internet. Informasi kesehatan, traveling, berita terkini, model baju terbaru, bahkan kata iklan, motor yang hilang juga bisa dicari di internet, semuanya terkumpul dalam satu media yaitu internet. Kalau sebelumnya mencari informasi harus mengakses beberapa media untuk mendapatkan informasi kesehatan, traveling dll, namun saat ini cukup akses ke internet saja, mudah bukan?

Teknologi digital memungkinkan semua ini terjadi, mungkin dulu untuk menyimpan informasi resep yang penting, ibu kita membuat klipping guntingan resep majalah, bayangkan file yang bertumpuk2, namun dengan era digital semua diringkas di internet dan tidak perlu ada lagi file yang menumpuk dan berdebu.

Tanggal 10 Mei 2008 yang lalu orang terkaya di dunia Bill Gates datang ke Jakarta memberi kuliah, mungkin semua berharap mendengarkan trik-trik bisnisnya menjadi kaya, tetapi apa yang dikatakan Bill Gates, bahwa kita harus belajar, mencari informasi sebanyak-banyaknya, disuruhlah kita banyak2 membuka internet karena melalui internet seorang bocah bisa berkeliling antariksa, deteksi penyakit lebih mudah, bisa kuliah jarak jauh dan masih banyak lagi..jadi itu resep kayanya Bill Gates? Ternyata gampang, banyak belajar dan cari informasi.

Trend mencari informasi di internet seperti mencari arti kata dalam kamus dan Google adalah search engine yang kemungkinan paling sering diakses untuk hal ini.

Saya bukan penggila internet tetapi saat ini jika tidak ada internet rasanya mulai ada yang terhambat, sudah mulai terasa seperti ketika HP ketinggalan di rumah.

Banyak hal yang bisa dimanfaatkan oleh pengiklan melihat trend seperti ini. Di negara maju seperti di Amerika dan Eropa, pengiklan sudah sangat interaktif dengan konsumennya. Di Indonesia kebanyakan website pengiklan masih berkonsentrasi pada website informasi company profile.

Banyak hal yang bisa dibuat di internet misalnya memberikan jasa konsultasi atau informasi resep sehat, tips memasak, penggunaan teknologi, dan lain-lain yang tentunya berhubungan dengan produk atau brand tsb. Misalnya, wanita pekerja yang tidak tahu memasak atau tidak punya banyak waktu, ingin memasak makanan sehat maka ia dapat membuka website suatu produk memasak dimana di dalamnya tersedia informasi berbagai resep, cara memasak dan mungkin ruang konsultasi diet.

Mungkin yang menjadi kendala bagi kita adalah tarifnya yang masih mahal, semoga suatu waktu internet juga bisa seperti operator telco yang jadi muraaah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s