Beda target beda data TVR atau TARPs..bagaimana menyikapinya?

Step yang dilakukan oleh media planner ketika mencari informasi data TVR ataupun TARPs hasil penayangan iklan kliennya adalah dengan menggunakan software Nielsen, bahasa pasarnya biasanya tindakan ini disebut me run data (nge run data).

Sebelumnya media planner bersama-sama dengan klien harus menentukan target audience (TA) terlebih dahulu, karena untuk setiap target yang berbeda maka data Nielsen yang dihasilkan pun berbeda.

Sebagai ilustrasi, ketika saya me run data hasil TARPs penayangan iklan klien saya dengan menggunakan TA : F, 25-49 ABC yang merupakan TA brand atau produk yang telah disepakati oleh klien, hasilnya baik artinya sesuai dengan estimasi pada saat membuat media planning dan lebih tinggi dari kompetitor, namun ketika saya iseng me run untuk data lain misalnya TA : F, 25-44 ABC atau data yang mendekati dengan TA yang sebenarnya dan hasilnya ternyata kompetitor lebih tinggi dari brand/poduk saya.. lalu bagaimana?

Sikapi :

  • Lapor ke klien walaupun kita aman tetapi iklan kompetitor lebih kuat atau lebih bagus perolehan TARPs di target yang lebih sempit atau target yang lebih luas yang berdekatan dengan target kita. Berarti ada sekelompok orang yang juga menjadi TA kita yang leih terekspos oleh iklan kompetitor, apalagi kalau kreatifnya lebih bagus, durasi lebih lama di stasiun yang unggul, pasang di program-program unggulan, aktifitas BTLnya banyak dll..coba analisa lagi..
  • Rekomendasikan sesuatu untuk mendekati target tsb.
  • Kalau kliennya tenang-tenang saja ..yakin pada target yang sudah ditentukan..ya sudah

Ini tidak termasuk hitungan kalau kita me run dengan target yang sangat berbeda misalnya TA kita Female kita run TA Male, atau TA ibu2 kita run TA anak-anak.

Tetapi akan aneh sekali kalau iklan kita yang targetnya Female kita run di Male hasilnya akan lebih tinggi di TA Male maka akan jadi pertanyaan apakah kita salah pilih program atau TA Male juga penonton berat program Female, atau yang lebih sering dipertanyakan akurasi data Nielsen ini benar atau tidak.. ?

2 thoughts on “Beda target beda data TVR atau TARPs..bagaimana menyikapinya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s