Kutipan tesis saya mengenai TVR

Beberapa kutipan ulasan TVR dalam tesis saya, Agustus 2005 (atas bimbingan Prof. M. Alwi Dahlan, Ph.D)

Beberapa istilah akademisi & praktisi yang agak berbeda (perhatikan yang di bold)

Menjawab pertanyaan yang lainnya dalam tujuan penelitian ini yaitu apakah para perencana media (media planner) memerlukan ukuran yang lainnya untuk membantu mereka jika data pemeringkatan (TVR) acara televisi yang selama ini digunakan ditemukan ada kekurangannya dan bagaimana antisipasi para perencana media menghadapi perubahan yang datang terus menerus dengan cepat.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas penulis telah melakukan penelitian terhadap para perencana media dan para praktisi lainnya yang erat hubungannya dengan pekerjaan perencana media (media planning) dalam menggunakan data pemeringkatan acara televisi (TVR)

Beberapa hal yang dapat disimpulkan dan sudah dijelaskan juga dalam Bab analisa data yaitu :

  1. Data pemeringkatan acara televisi sangat diperlukan oleh perencana media dalam menentukan program atau media yang akan dipakai dalam beriklan. Data ini diperlukan karena harus ada ukuran yang dapat dipertanggung jawabkan kepada klien yang pada akhirnya dipakai sebagai ukuran untuk mengevaluasi suatu kampanye iklan.
  2. Perubahan terjadi cepat sekali terhadap penonton dan media yaitu semakin tersegmen-segmennya penonton dan semakin terfragmentasinya media-media. Kecepatan data tidak dapat mengimbangi kecepatan perubahan ini. Menyebabkan ada perencana media yang mulai meninggalkan penggunaan data ini.
  3. Pemasaran disebut target market supaya seorang perencana media dapat dengan tepat menempatkan iklan terutama dalam kondisi yang selalu berubah ini.
  4. Data yang ada sekarang yang dipakai oleh semua orang yang bergerak dalam industri periklanan, televisi dan pemasaran produk belum dapat memenuhi tuntutan dan kebutuhan perubahan yang terjadi.
  5. Data perlu dillengkapi dan saat ini hanya relevan untuk karakter produk tertentu saja yaitu produk yang bersifat massal atau yang menargetkan sasarannya ke massal.
  6. Tuntutan bagi perencana media saat ini dan masa yang akan datang semakin tinggi yaitu harus bertindak lebih kreatif dan menguasai banyak hal yang berkaitan dengan produk, konsumen dan media, tidak hanya terbatas pada pengetahuan media dan teknis pembuatan perencanaan media saja tetapi juga harus bersikap dan bertindak sebagai tenaga pemasaran dari produk.
  7. Terdapat ukuran lain untuk mengukur keberhasilan suatu program misalnya dari interaksi masyarakat langsung seperti hasil sms yang tekumpulkan.

Kondisi saat ini

  1. Semakin banyaknya program di TV maka penonton mempunyai semakin banyak pilihan sesuai dengan selera masing-masing. Hal ini menyebabkan jumlah penonton semakin terbagi-bagi ke berbagai program atau media menyebabkan penonton setiap program semakin kecil jumlahnya.
  2. Menjadi sulit mencapai banyak orang sekaligus, harus memasang iklan di banyak program.
  3. Harga perkontak semakin mahal karena harga iklan tidak turun tetapi naik terus, menyebabkan total harga beriklan semakin mahal jika seorang perencana media hendak meraih semua orang.
  4. Sulit menentukan program yang cocok dengan produk karena data Pemeringkatan acara televisi yang tersedia hanya berdasarkan data demografi

Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap berbagai perencana media yang mengelola berbagai macam produk ditemukan dua kelompok berdasarkan kategori produk yang dipegang, yaitu ada kategori yang mempunyai sasaran penonton atau target sasaran yag massal dan ada produk-produk yang mempunyai target sasaran yang spesifik.

Produk-produk yang mempunyai sasaran target massal misalnya produk-produk consumer goods .

Sasaran penonton atau sasaran market ini ditentukan oleh klien atau yang memiliki produk, apakah produk-produk mereka akan ditargetkan ke masyarakat secara massal atau masyarakat secara spesifik.

Analisa hasil wawancara mendapatkan bahwa produk-produk yang mempunyai sasaran massal masih tetap menggunakan pemeringkatan acara televisi sebagai acuan yang diandalkan dalam memilih program. Mereka tidak terpengaruh dengan adanya isu psikografi dari penonton yang harus menjadi pelengkap bagi data pemeringkatan acara televisi. Mereka tidak perlu terlalu memilih-milih program berdasarkan karakter.

Hal yang menjadi kesulitan bagi mereka adalah biaya iklan yang lebih mahal karena mereka harus pasang di semua program untuk mencapai semua penonton secara massal.

Rekomendasi

Bagi siapa saja yang tertarik dengan permasalahan ini maka terdapat suatu potensi yang besar untuk melakukan suatu penelitian lebih lanjut terutama bagaimana membantu menyediakan ukuran yang lebih tajam dan lebih lengkap bagi suatu strategi perencanaan media. Penelitian ini merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya yaitu:

  1. Penelitian yang lebih terperinci lagi mengidentifikasi data-data apa saja yang diperlukan untuk suatu strategi perencanaan media supaya dapat membidik dengan tepat konsumennya.
  2. Memperhatikan perubahan media dan kehidupan konsumen yang sangat cepat dalam penelitian selanjutnya diperlukan penelitian yang memberikan informasi mengenai selang waktu penelitian terhadap konsumen yang seharusnya dilakukan supaya perencana media mendapatkan data yang akurat dan data yang up date.
  3. Penelitian selanjutnya juga dapat mengangkat apakah fenomena dalam masyarakat sebagai ukuran yang tepat dalam menentukan khalayak yang tepat misalnya adanya pembicaraan di masyarakat mengenai suatu program yang lagi heboh misalnya program Indonesia Idol, program AFI dan sebagainya. Apakah ukuran misalnya sms yang dilakukan oleh kedua program ini dapat dijadiikan patokan bahwa program ini berhasil dalam arti ditonton banyak orang sehingga tepat menjadi pilihan beriklan.

Silahkan download (pdf) Thesis saya disini

JUDUL: Strategi Perencanaan Media Menghadapi Fragmentasi Media dan Segmentasi Khalayak dalam Kaitannya dengan Pemeringkatan Acara Televisi (2005)

7 thoughts on “Kutipan tesis saya mengenai TVR

  1. Mbak, judul thesisnya apa ya..dipublikasi apa cuma di perpustakaan saja. Gimana caranya saya bisa dapatkan sebagai salah satu referensi saya, atau mungkin bisa diupload dimana???. Tks juga atas info referensi bukunya di Amazon. GBU.😕

    Vika : bisa dibuka di blog ini, tunggu aja lagi dikerjakan, moga-moga bisa jadi referensi, selamat berkarya..semoga sukses GBU.

    Like

  2. thank banget atas publikasi tesisnya jadi bahan refensi untuk penelitian saya. menurut mbak rating TV yang selama ini digunakan sudah bis mewakili kepentingan masyarakat luas. soalnya kalau saya lihat ternyata rating tv hanya digunakan untuk kepentingan bisnis semata.

    Vika : TVR yang sekarang ada memang cenderung digunakan untuk kepentingan bisnis belum dimanfaatkan untukkepentingan penelitian sosial.

    Like

  3. mbak,,blognya bagus, saya bisa banyak belajar. Sering-sering posting donk..

    minta izin download tesis untuk bahan referensi saya. thx

    Vika : Hi Zeele, thanks for visiting my blog. postingnya doakan aja lancar. Silahkan tesisnya dipakai sebaik-baiknya…

    Like

  4. Salam kenal mba Vika, saya banyak belajar dari blog mba loh, blog mba salah satu favorit saya.. thx bgt ya mba.. Btw saya berniat nge-download tesis mba ya, boleh ya🙂 Thx

    Like

  5. Salam kenal mba, blogny bagus sekali mba buat nambah pengetahuan tentang media televisi, mba boleh saya mohon ijin minta share file tesisnya sebagai referensi, karena saya juga lagi nyusun tesis mengenai media planning, klo boleh ini email saya (vester_205@yahoo.com). terima kasih atas bantuannya..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s