Bagaimana cara mengirim “media plan” ke klien

Sudah lama tidak menulis di blog karena sedang banyak deadline di kantor yang harus dikejar, lumayan waktu tersita habis, ya begitulah… Tetapi selama itu tetap berpikir untuk mengisi blog dan apa yang akan dibagi untuk teman-teman walaupun sempat blank. Dalam tulisan ini saya ingin berbagi bagaimana cara kita mengirim media plan ke klien, karena sering sekali kita hanya mengirim hanya media plan tanpa keterangan apapun dan membiarkan klien membaca dan mempelajarinya sendiri.
Apa saja yang tidak boleh dilupakan ketika mengirim file baik hardcopy maupun softcopy yang biasanya berupa e-mail.

Hal yang perlu diperhatikan mungkin hal sederhana yang terkadang dianggap tidak penting dan sering terlewatkan:

Cek nama klien, brand/produk, tanggal plan, no revisi, spelling dan judl worksheet.

Jangan hanya langsung mengirim media plan tetapi selalu sertakan pengantar ulasan singkat mengenai media plan, walaupun di media plan sudah ada summary-nya. Ulasan singkat biasanya berupa strategi, alasan-alasan dikemukakan sehingga tercipta media plan yang dikirim, misalnya mengapa menggunakan program A bukan program B, mengapa lebih banyak di stasiun S bukan di R, dll.

Jika ada mandatory dari klien atau hasil diskusi dalam pembuatan media plan harus dikemukakan dalam ulasan pengantar.

Cek kembali catatan di bawah apakah masih harus diganti atau tidak dengan catatan yang baru.

Cek kembali semua perhitungan dan angka-angka, jangan biarkan ada angka yang aneh.

Sertakan data pendukung seperlunya yang dibutuhkan.

Kuasai semua hal dalam media plan untuk bersiap kalau klien menelpon dan bertanya, dan itulah perlunya ulasan pengantar supaya klien tidak terlalu bertanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s