Bagaimana mengestimasi kegiatan kompetitor

Bagaimana mengetahui apa yang akan dibuat oleh kompetitor khususnya kegiatan beriklan di media?

Bukan hal yang mudah mengestimasi kegiatan kompetitor apalagi banyak faktor yang berubah dari tahun ke tahun.

Pertama tentukan tujuan hal apa saja yang perlu diketahui, misalnya media apa yang digunakan, periode, bobot beriklan, bentuk-bentuk dalam beiklan dan berapa budgetnya.

Dibantu oleh data,umumnya dipelajari pola beriklan dari tahun ke tahun setidaknya  3-5 tahun terakhir. Biasanya periode ini akan membantu memperlihatkan apakah ada pola tertentu.

Pelajari perubahannya, apakah ada peubahan media yang digunakan, mengapa?

Pelajari kenaikan dan penurunan bobot beriklan, misalnya di televisi berapa total GRPs (TARPs) setiap tahun apakah ada pola kenaikan atau penurunan.

Pelajari pola iklan setiap minggu, kapan waktu yang digunakan kompetitor untuk beriklan, adakah minggu atau bulan tertentu.

Pelajari peta beriklan di setiap kota, apakah ada penekanan untuk kota-kota tertentu.

Setelah bobot iklan dapat diestimasi misalnya sekian GRPs untuk tahun depan, maka biaya dapat diestimasi yaitu dengan mengestimasi kenaikan harga setiap tahunnya dan menghitung kenaikan harga dan kenaikan bobot.

by Vika17

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s