Integrated Marketing Communication

Integrated marketing communication adalah bagian dari kegiatan marketing yang timbul dikarenakan kebutuhan dari produk untuk mengkomunikasikan diri kepada target audience atau konsumennya.

Suatu produk diciptakan atau diproduksi dengan suatu tujuan marketing yaitu  umumnya produk  laku dipasaran.

Untuk mencapai tujuan ini tentunya harus dilakukan usaha dan beberapa proses sebelum mencapai tujuan di atas.

Menurut  Jerome Mc Carthy (1964) bahwa ada 4 elemen penentu keberhasilan produk di pasar,  yaitu dikenal dengan teori 4 P (Product, Price, Place & Promotion)

Dalam usaha mencapai tujuan ini salah satu usaha yang dilakukan bahwa produk tersebut harus dikenal oleh konsumennya. Untuk dikenal maka produk harus melakukan komunikasi dengan target audience atau konsumennnya.

Kegiatan berkomunikasi ini masuk dalam salah satu elemen 4P dalam teori Mc Carthy yaitu bagian promotion.

Advertising,  Personal Selling,  Sales Promotion,  Public Relation( PR), Event, Word of  Mouth adalah cara-cara yang digunakan untuk berpromosi atau berkomunikasi dengan target audience atau konsumen. Cara berkomunikasi akan berkembang terus seiring dengan perubahan yang terjadi di masyarakat, bagaimana pola hidup masyarakat  akan mempengaruhi cara-cara yang akan digunakan dalam melakukan komunikasi atau berpromosi.

Masing-masing kegitan promosi di atas juga sangatlah luas dan mempunyai banyak cara. Diperlukan ilmu khusus untuk menangani setiap cara berpromosi atau berkomunikasi.  Diperlukan ilmu dan keahlian yang spesifik untuk menangani advertising begitupula Personal Selling, PR dan lain-lain. Untuk mendapatkan keahlian ini juga perlu pendidikan, pengalaman, waktu dan tentunya usaha untuk belajar terus, karena itu semua  kegiatan komunikasi  ini akhirnya tidak dapat ditangani oleh hanya satu orang  atau satu grup saja, tetapi akan memerlukan beberapa orang atau beberapa grup bahkan perusahaan yang ahli di masing-masing bidang, ada yang ahli di bidang advertising, ahli di personal selling, ahli di sales promotion,  dan lain-lain.

Advertising :

Adalah bentuk komunikasi melalui iklan, dimana sifatnya menginformasikan mengenai produk dan persuasif. Informasi ditentukan dan dibuat oleh pengiklan dengan bantuan advertising agency. Iklan dipasang di media-media sesuai tujuan dan strategi dengan melakukan pembelian ruang iklan di media-media.

Personal Selling :

Adalah kegiatan melakukan kontak langsung dengan konsumen dalam hal ini orang yang diyakini akan membeli produk dengan cara melakukan penawaran yang aktif dan  proses follow up sampai konsumen akhirnya setuju untuk membeli.

Sales Promotion :

Adalah kegiatan yang dilakukan melalui  penawaran-penawaran yang khusus, misalnya beli 1 dapat bonus 1 dan lain-lainnya.

Public Relation :

Adalah komunikasi yang dilakukan oleh media melalui pendekatan dari pengiklan namun penulisan di media adalah didominasi oleh media  dan tidak adanya pembelian seperti pada advertising

Event :

Adalah kegiatan di tempat-tempat tertentu menghampiri konsumen dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang disukai atau dibutuhkan oleh konsumen. Melalui kegiatan ini lah produk dapat menginformasikan keberadaannya kepada konsumen. Misalnya melakukan acara musik di lapangan  atau di gedung, melakukan acara nonton bareng, melakukan acara  perlombaan dan lain-lain.

Kapan dan bagaimana masing-masing kegiatan ini dilakukan semua tergantung pada kebutuhan dan kondisi produk.

Belum tentu semua kegiatan komunikasi harus dilakukan untuk suatu prosuk tertentu. Kadang-kadang hanya diperlukan advertising saja atau PR saja atau malah diperlukan semuanya.

Word of Mouth:

Adalah cara berkomunikasi bagaiman sehingga produk menjadi bahan pembicaraan dan direkomendasikan oleh orang-orang yang sudah menggunakan kepada orang-orang yang belum menggunakan.

Word  of mouth kadang terjadi di luar kontrol oleh produk tetapi hal ini juga bisa diciptakan, apalagi kalau produknya memang bagus.

by Vika17

3 thoughts on “Integrated Marketing Communication

  1. Retired? Unemployed? Laid-Off, or Insufficient Income? Start your own Internet business from home. Build residual and leveraged income to create real wealth. World Wide Income System that REALLY WORKS! All it needs is you. FREE Training and support, websites and products all provided! – ZERO RISK!
    http://www.sfi4.com/11036037/FREE

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s