Single Buy vs Network Buy – Iklan di Online

Sejak tiga tahun terakhir yaitu tepatnya tahun 2009, dunia iklan online di Indonesia mulai marak dengan mulai beriklannya beberapa brand-brand besar dan mulai terbukanya beberapa publisher atau situs-situs online umum terhadap iklan-iklan kreatif di halaman depan atau home page mereka.

Pemasangan iklan di online dapat dibedakan atas fungsi situs tersebut, yaitu :

– Situs umum yang didalamnya termasuk situs yang dikenal sebagai situs berita, seperti Kompas.com, Detik.com, Vivanews, Okezone, Kapanlagi dll
– Situs komunitas seperti Kaskus, Facebook, Twitter, My Space, Plurk , WordPress, dll.
– Situs e-commerce seperti Tokobagus.com, Rumah123, Blibli.com, Multiply.com, Rakuten, Groupon Dis Dus, Bhinneka .com, dll
– Situs Search Engine seperti Yahoo, Google dll

Namun dalam pembagian inipun umumnya terjadi multi fungsi dan isi, misalnya situs berita juga di dalamnya ada kanal-kanal yang isinya memberitakan topik-topik spesifik misalnya entertainment, otomotif, sport, daerah , termasuk juga ada komunitas dan e-commerce di dalamnya. Sebaliknya pun demikian beberap situs search engine, e-commerce dan komunitas memuat berita-berita yang terdapat di situs umum.

Pertanyaannya, dimana sebaiknya iklan dipasang, bentuk apa, apakah ada ukuran efisiensi atau efektifitas dan bagaimana melakukan pembelian iklan di online?

Ada dua macam cara pembelian di online yaitu pembelian single buy dan network buy.

Single buy adalah pembelian langsung ke situs atau publisher misalnya brand melalui advertising agency nya membeli space iklan langsung ke Kompas.com, ke Yahoo dll.

Network buy adalah pembelian space iklan dilakukan melalui network agency.

Network agency adalah perusahaan yang mengelola pemasangan iklan dengan melakukan optimisasi dan pembelian dilakukan secara bulk buy, artinya dengan melakukan optimisasi pemasangan iklan dan bulk buy yaitu iklan dipasang atau dapat dilihat oleh sasaran tanpa memperdulikan situsnya, apakah situs yang sesuai dengan isi iklan atau tidak.

Biaya iklan dapat diatur hanya dibayar jika target audience melakukan tindakan klik pada iklan. Tindakan klik yaitu jika target audience melihat iklan maka ia melakukan klik pada iklan dan biasanya ketika di klik maka iklan akan link ke suatu bentuk apakah ke web, atau bentuk iklan lainnya, games, video, quiz atau apapun bentuk-bentuk yang dibuat oleh pengiklan. Pembelian ini disebut cost per click (CPC) atau juga cost per engagement (CPE) .

Pembelian melalui network buy hanya bisa dilakukan di kanal-kanal dalam tetapi sementara ini tidak bisa dilakukan di halaman depan atau Home Page suatu situs.

Pembelian networkbuy dapat diatur khusus misalnya dapat ditentukan jumlah orang yang melihat iklan dan satu orang target audience dapat melihat iklan dengan frekuensi yag sudah ditentukan. Misalnya satu orang diatur akan melihat 3x, 5x dst.

Pembelian single buy akan lebih mendapatkan reach yang tinggi, dan image yang tinggi jika dilakukan pemasangan di situs-situs besar yang memang pengunjungnya besar. Pembelian berdasarkan periode penayangan.

Pertanyaan berikutnya, kapan sebaiknya melakukan pembelian single buy dan melalui network?

Single buy dilakukan sebaiknya pada waktu launching untuk mendapatkan awareness dan dilakukan di home page atau kanal khusus yang erat hubungannya dengan produk atau tujuan iklan.

Single buy sebaiknya dilakukan juga untuk promo-promo produk yang singkat .

Summary, pertimbangan untuk single buy dan network, walaupun kembali harus dianalisa karena dalam dalam semua hal bisa dilakukan kedua-duanya single buy atau network tetapi pilihan mana yang menjadi prioritas, summary ini mungkin akan bisa memberikan gambaran.

Single buy                          Network

Launching                                                                      v

Maintaining                                                                                                                            v

Reach                                                                                                                                        v

                                                                                                        (average freq bisa ditentukan)

Frequency                                                                    v (frequency di periode pendek,
single buy di situs besar, reach akan tinggi )

Image                                                                             v

Pemain lama /Produk lama                                                                                          v

Pemain baru/Produk baru                                  v

Segmented                                                                                                                          v

Mass product                                                            v

Budget terbatas                                                                                                                v

by Vika17

3 thoughts on “Single Buy vs Network Buy – Iklan di Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s