Paid Media, Owned Media & Earned Media

Istilah POE ini  makin sering digunakan dalam strategi marketing communication seiring dengan perkembangan sosial media yang sangat pesat.

Intinya adalah bagaimana melakukan integrasi sistem komunikasi dan marketing baik paid maupun owned media  termasuk di dalamnya faktor content komunikasi sehingga menghasilkan earned media.

Paid media adalah pemasangan iklan-iklan di media-media dengan pembelian space dengan berbayar bisa di TV, koran, majalah,radio,cinema,OOH,online, mobile dan lainnya.

Owned media adalah media yang dibuild  oleh brand sendiri dan contentnya dikontrol oleh media tersebut misalnya corporate website, microsite, blog, FB, twitter FB, fanpage, majalah korporasi.

Earned media adalah ketika para fans atau follower melakukan respon  misalnya melakukan retweet, likes, share dll  terhadap iklan atau content yang disampaikan oleh brand melalui paid media dan owned media. Sehingga earned media adalah para audience, follower, atau customer yang menyebarkan pesan-pesan tersebut sehingga mereka inilah yang mejadi media suatu brand. Earned media di masa sebelumnya dasarnya adalah Public Relations yaitu respon media yang menulis tentang suatu brand tetapi saat ini dengan makin maraknya sosial media maka target audience atau konsumen yang bertindak sebagai media. Sama halnya juga dengan word of mouth di masa sebelumnya dikenal sebagai suatu earned media tetapi sifatnya offline.

Saat ini tugas suatu paid dan owned media untuk terjadinya earned media yang memberi dampak positif terhadap brand baik awareness, image, engagement dengan produk dan loyalitas. Dalam hal ini peran content sangatlah menentukan.

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Paid Media, Owned Media & Earned Media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s