Demography vs Habit

Mengenal target audience adalah hal yang sangat penting dan mutlak dalam dunia iklan.

Pengenalan terhadap target audience dengan tepat akan sangat mempengaruhi keberhasilan komunikasi suatu brand atau produk termasuk komunikasi dengan target audiencenya melalui iklan.

Jauh sebelum hadirnya dunia digital, pengenalan target audience lebih dilakukan dengan membuat suatu pengelompokan berdasarkan demography, misalnya target audience dari kelompok perempuan dengan umur 25-35 dari kalangan sosial menengah atas dll. Pengelompokan ini dengan asumsi bahwa habit, gaya hidup, cara berpikir, kelompok ini cenderung sama, begitupula dengan konsumsi medianya. Sehingga pengiklan akan memasang iklan untuk memperkenalkan produknya di media yang diasumsikan akan dibaca oleh kelompok orang ini atau target audience ini.

Namun perkembangan kehidupan yang dipicu dengan perkembangan teknologi membuat kelompok yang sama dari sisi gender, umur, status sosial dll semakin

mempunyai habit, gaya hidup dan cara berpikir yang berbeda. Target audience semakin terpecah-pecah atau tersegmen begitu pula konsumsi medianya tidak hanya satu jenis atau hanya media yang umum. Media pun semakin banyak dan beragam, majalah semakin tersegmen, ada majalah tentang fashion, majalah otomotif, majalah masakan, majalah dekorasi rumah dll. Gaya hidup menuntut target audience mendapatkan informasi yang lebih dalam mengenai sesuatu yang mereka butuhkan atau sukai dalam gaya hidupnya.

Pengiklan akhirnya perlu mendekati target audience semakin spesifik yaitu mengenal habit mereka lebih dalam tidak cukup hanya berdasarkan demography. Semakin perlu keberadaan target audience di media diketahui. Semakin perlu dianalisa dari kelompok umur demography tertentu tersebut, habit mereka apa saja supaya produk melalui iklan dapat mendekati secara tepat dan juga melakukan pengembangan terhadap produk sesuai kebutuhan target audiencenya. Pengenalan terhadap habit menjadi suatu kebutuhan dalam dunia iklan selain kebutuhan informasi mengenai demography target audience.

Kehadiran media digital saat ini sangat memungkinkan mengetahui dengan mudah habit seseorang, hal yang menjadi interest dan kebutuhan target audience semakin terdeteksi. Dunia digital juga menciptakan habit target audience untuk bergerak lebih cepat dan terbiasa mendapatkan informasi lebih cepat dan dimana saja.

Dengan dunia digital target audience bisa semakin mudah dilacak, apakah habitnya membaca berita mencari informasi di pagi harikah atau siang harikah atau malam harikah, seberapa tertariknya dengan suatu gambar atau berita, apakah target audience tertarik pada fashion dan sering melakukan pembelanjaan online, apakah tertarik pada lukisan, atau apakah target audience saat ini sedang mencari informasi travel, tiket, sekolah dan begitu banyak informasi lainnya.

Target audience makin terdeteksi dan makin bisa dikenal habit, gaya hidup dan kebutuhannya secara personal dan sebagai individu, tidak lagi asumsi habit, gaya hidup dan kebutuhan sebagai kelompok.

Kondisi ini memungkinkan pengiklan juga mendatangi target audience secara personal sebagai individu dengan memberikan komunikasi, informasi yang sangat spesifik sesuai kebutuhan seorang target audience.

Dunia digital memotong rantai demography, sepertinya pengiklan tidak perlu lagi terlalu memperhatikan umur, kelas sosial dan juga mungkin gender, selama seorang target audience terdeteksi mempunyai interest dan mencari informasi tentang fashion maka target audience ini bisa didekati oleh produk-produk yang berhubungan dengan fashion, jika serorang target audience mencari informasi tentang rumah, dekorasi rumah, maka tanpa perlu mengetahui umur dan gendernya maka produk yang berhubungan dengan rumah bisa menghampiri target audience ini.

Data semakin banyak, semakin lengkap dan semakin terbuka dengan kehadiran dunia /media digital tinggal bagaimana mengolah dan memanfaatkannya terutama bagi para pengiklan supaya semua investasi atau biaya yang dilakukan lebih efektif dan efisien.

by Vika17

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s