High Reach Media

Apakah yang dimaksudkan dengan high reach media? Saya sering mendapat pertanyaan mengenai reach media juga yang bertanya di blog ini saya jawab melalui artikel ini ya, termasuk apa arti reach, apa dampaknya terhadap iklan, apa pengertian reach 3+, reach 5+ dll.

Mungkin pertama kali yang perlu diketahui adalah pengertian reach secara umum. Reach media adalah jangkauan media atau kemampuan media menjangkau audience. Banyak faktor yang menentukan daya jangkau media, termasuk bagaimana media tersebut didistribusikan ke audience, misalnya suratkabar menjangkau audiencenya dengan suratkabar dibawa ke rumah, kantor, atau dijual di jalan setelah keluar dari mesin cetak. Televisi menjangkau audience melalui broadcast dipancarkan langsung dari stasiun pemancar masuk ke rumah-rumah audience dan menyebar dengan cepat ke daerah-daerah yang bisa menangkap pancaran ini.

Teknologi yang digunakan oleh media sangat besar pengaruhnya menentukan daya jangkau media seperti contoh kedua media di atas. High reach media adalah media dengan daya jangkau yang besar dan selalu berpasangan dengan kecepatan menjangkau audience.

Iklan sifatnya mengikuti media atau  dibawa oleh media sehingga reach atau  jangkauan iklan akan mengikuti jangkauan media. Jika iklan dipasang di media dengan reach atau daya jangkau yang lebih lambat dan kecil maka daya jangkau iklan juga akan kecil. Jika iklan dipasang di media dengan reach atau daya jangkau yang cepat dan besar maka iklan pun akan cepat tersebar pada audience yang besar.

Saat ini media yang paling cepat menjangkau audience adalah media mobile dengan teknologi digital dan karena mobile (handphone, smartphone) sangat dekat  dan selalu berada dekat dengan audience, media-media yang bisa diakses dari mobile menjadi media dengan potensi reach lebih besar daripada media non mobile. Media mana yang paling besar di mobile tergantung  pada basis audience  yang aktif di media tersebut dan bagaimana media tersebut menarik perhatian audience dan membuat audience bergantung pada media tersebut dan terus menerus menggunakannnya. Salah satunya saat ini Facebook  dan Google adalah media yang mempunyai basis audience yang besar  dan bisa cepat diakses melalui mobile (smartphone, handphone).

Pengertian reach dalam ilmu media iklan lebih dipertajam lagi yaitu iklan yang menjangkau jumlah audience tertentu atau jumlah audience yang pernah melihat suatu iklan tertentu dan biasanya jika hanya disebut reach maka pengertiannya minimum satu orang  audience pernah melihat iklan satu kali.

Reach 3+ adalah satu orang audience melihat iklan minimum 3 kali, Reach 5+ adalah satu orang audience melihat iklan minimal 5 kali.

by Vika17

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s